Minggu, 21 Maret 2010

tugas SO (kelompok)

VISOPSYS

I. PENDAHULUAN
Visopsys (Visual Operating System) adalah sistem operasi alternatif untuk PC yang kompatibel dengan komputer, ditulis dan dikembangkan oleh seorang programmer sejak akhir tahun 1997.
Visopsys adalah perangkat lunak bebas dan kode sumber tersedia sesuai dengan GNU General Public License. Perpustakaan-perpustakaan dan file header dilisensikan di bawah GNU Lesser General Public License.
Visopsys sepenuhnya multitasking, 100% aman, memakai virtual-memori, menggunakan massively monolithic kernel. Didalamnya juga ditambahkan Bare bones C library dan beberapa aplikasi kecil. Sistem operasi yang kecil tetapi cukup fungsional yang dapat beroperasi secara native baik dalam mode grafis maupun teks. Meskipun sudah dalam pembangunan yang berkelanjutan untuk beberapa tahun, secara realistis target audiens tetap terbatas pada sistem operasi penggemar, mahasiswa, dan berbagai macam pencari sensasi lain.
Dari perspektif pengguna – “Fitur terbaik apa sih yang ditawarkannya?" - titik jual utamanya adalah program manajemen partisi yang cukup fungsional ( 'Disk Manager') dalam vena dari Symantec's Partition Magic. Hal ini dapat membuat, memformat, menghapus, dan memindahkan partisi, dan memodifikasi atribut mereka. Ini juga dapat menyalin hard disk, dia juga memiliki tampilan grafis yang sederhana dan ramah, tapi bisa muat di disket bootable (atau CD-ROM).


II. TUJUAN
Tujuan Utama dari Visopsys adalah memilih/mengambil hal terbaik dari sistem operasi lain, menyumbangkan beberapa hal baru dan mengehindari beberapa hal yang kurang bermanfaat.
Namun, banyak ide Visopsys meminjam dari produk lain, tetapi bukan seperti Windows atau UNIX, atau tiruan dari sistem lain. Di sisi lain, banyak dari apa yang Anda lihat dalam Visopsys sudah akrab dengan anda. Ada sejumlah baris perintah program seperti yang ada pada UNIX atau DOS, jadi tidaklah sulit untuk mengoperasikannya. Visopsys kompatibel dengan filesystem yang ada, format file, protokol, dan algoritma enkripsi yanga ada.
Beberapa tujuan konseptual Tinggi tinggi dari Visopsys adalah sebagai berikut:
1. Lingkungan grafis “Native”
 Grafik server base-level (analog dengan sebuah 'X' server di Unix, tapi tidak X) diintegrasikan ke dalam kernel. Lingkungan GUI default berjalan "langsung dari kotak", tanpa prosedur setup.
 Pada tahap selanjutnya, metafora baru bagi lingkungan GUI. Meskipun tidak dimaksudkan untuk menjadi revolusioner, antarmuka yang direncanakan pada akhirnya akan mencoba untuk meletakkan putaran baru pada desain grafis shell - tanpa membuatnya menjadi tidak dikenal atau non-intuitif. Terbentuklah ide, tetapi kode ini tidak ditulis.
 Untuk semaksimal mungkin, pengguna harus dapat melakukan semua tugas, termasuk administrasi, dengan menggunakan antarmuka "point dan click", tidak perlu untuk mengedit file-file konfigurasi dengan tangan.
2. Baris perintah yang berkemampuan bagus (teks windows dan scripting)
 Pengguna harus diberikan kemampuan untuk bekerja dalam lingkungan berbasis teks jika mereka lebih suka untuk melakukannya.
 Untuk semaksimal mungkin, pengguna harus dapat melakukan semua tugas, termasuk administrasi dengan menggunakan antarmuka teks. Melakukan Konfigurasi pada file dengan tangan, tetapi hal ini opsional.
3. Kompatibel.
Visopsys semaksimal mungkin akan sesuai dengan standar yang ada. Ini bukanlah tujuan Visopsys untuk mendefinisikan format baru (seperti tipe filesystem baru). Contoh dari standar tersebut meliputi: Jenis Filesystem Executable / object / format file library, Image, suara, font, kompresi dan format file teks, Enkripsi algoritma, protokol jaringan, konvensi lingkungan pengembangan perangkat lunak, Standar hardware grafis (e.g. VESA)



III. STATUS
Pekerjaan coding dimulai pada akhir tahun 1997. Sebagian besar kode ditulis dalam C, dengan porsi di x86 Assembly Language. Berikut ini adalah daftar dari beberapa fitur yang telah terimplementasi dan yang belum terimplementasi
Fitur yang telah terimplementasi Fitur yang belum terimplementasi
1. GUI (Graphical user Interface)
2. 32 bits protected Mode
3. Fully pre-emptive multitasking dan multi-threading
4. Virtual memory dan perlindungan memory
5. Management memory linier
6. Graceful Prosessor dan Penanganan kesalahan
7. Kemampuan acak nomor yang bagus
8. Buffered, Asynchronous disk I/O
9. ELF Executible Format
10. File gambar JPG, BMP, ICO
11. File System mendukung untuk: 12,16,32-bit FAT file system(yang biasa digunakan oleh DOS dan Windows). Ext2/Ext3 Read Only file system(yang biasa digunakan oleh Linux). CD-ROM file system (ISO9660)
12. Native command line shell
13. Native c library kecil
14. Native installer program
15. Dinamic linking
16. Program partisi hardisks
17. I/O Protection
18. FPU state savess • Multi-user operasi
• Fasilitas Inter-Process Communication (IPC) • Sebagian besar fungsionalitas jaringan
• Filesystem dukungan untuk:
- Writable ext2/ext3
- Mount NTFS filesystem (yang biasa digunakan oleh Windows NT/2000 dan Linux)
• File Gambar GIF, dan PNG

Pengembang utama Visopsys adalah Andy McLaughlin, ia merupkan programmer yang berasal dari Calgary, Kanada. Beberapa tahun yang lalu, dia pindah ke London, Inggris, setelah satu tahun di Boston dan 2 tahun di San Jose, California. Seperti hobby para penulis OS dia membangun Visopsys di waktu luang.
Saat ini Dia tidak aktif mencari pemrogram lain untuk membantu dalam pengembangan Visopsys, tapi dia dengan senang hati menerima kiriman kode dan saran. Sebuah kernel sistem operasi adalah tantangan yang cukup besar. Sebagai perbandingan, dia menulis kompilator Pascal yang sepele lebih dari delapan bulan. Di sisi lain, karena dia melakukan segala sesuatu dengan diri dia mampu menjaga pembangunan jalan yang bersatu. Dia berharap Arsitekturnya berkembang dengan konsisten (untuk lebih baik atau lebih buruk) dan dengan demikian produk akhir mencerminkan visi seorang programmer. Bisa dikatakan bahwa ini adalah baik, cara kuno untuk menghasilkan perangkat lunak.

IV. APLIKASI
Didalam Visiopsys telah diikutkan aplikasi Disk Manager yang melakukan sebagian besar apa yang Anda harapkan dari 'fdisk' tool, serta fungsi untuk menjaga keselamatan melalui MBR backup dan 'pembatalan/undo'. Fitur yang sedikit lebih canggih adalah seperti menyalin partisi disk dan memindah partisi, yang merupakan awal dari sebuah proyek untuk menciptakan alternative tools gratis seperti Partition Magic, Drive Image, dan Norton Ghost; yang sama-sama berbasis GUI yang user-friendly, namun masih cukup kecil untuk dimuat di disket boot.
Beberapa aplikasi pengguna sederhana lainnya disediakan. Hal ini termasuk komputer browser; sebuah 'File Browser'; sebuah 'Program Manager'; 'User Manager' dasar untuk mengelola account pengguna dan password; sebuah 'Keyboard mapping' program yang menyediakan pilihan layout keyboard, sebuah 'Display Properties' program untuk pengaturan boot grafis, resolusi layar, warna, latar belakang, dan sebagainya; dan "Editor Konfigurasi 'untuk memodifikasi file-file konfigurasi sistem (karena belum ada jenis editor teks asli). Selain itu ada program untuk menginstal Visopsys, melihat gambar, dan membuat screen shot, serta command line shell sederhana dan program-program terkait untuk menampilkan penggunaan memori, mengelola proses, dan banyak tugas-tugas sederhana lainnya.


V. HARDWARE SUPPORT
Dukungan hardware umumnya terbatas pada perangkat yang sesuai dengan standar antarmuka hardware populer, seperti VESA, PS2, USB, ATA / ATAPI (IDE), ditambah semua komponen chipset PC standar. Grafis yang disediakan melalui antarmuka VESA framebuffer linier. Saat ini tidak ada khusus vendor driver video yang disediakan. Persyaratan memori kecil: sekitar 5 MB dalam mode teks, dan umumnya kurang dari 20MB dalam mode grafis tergantung pada resolusi layar, dll
Visopsys mendukung semua variasi dari filesystem FAT (12, 16, 32/VFAT) maupun read-only EXT2 / 3 dan ISO. Fitur mendatang termasuk dukungan untuk SATA, OHCI (USB controller), SCSI, UDF, mengubah ukuran FAT, dan dapat menulis di EXT2. Port Newlib C library, GNU binutils dan GCC akan tersedia di masa depan sebagai add-ons.
Hardware yang disupport
1. Single Pentium processor
2. RAM diatas 64MB
3. Programmable Interrupt Controller (PIC)
4. System timer Chip
5. RTC chip
6. PS/2 keyboard Controller
7. Text Console IO
8. DMA Controller
9. Floppy Disk Drive
10. IDE Hard disk drive dan CD-ROM
11. VESA 2.0 or VGA yang lebih baik dengan LFB
12. PS/2 Mouse
13. PCI Bus device
14. Lance Ethernet(AMD PC-NET)Network Card
15. USB Disk, Mouse, Keyboard dan hub Hardware yang belum disupport
1. Multiprocessor
2. 3D Now and MMX processor extensions
3. Non-USB SCSI disk
4. SATA disk in native mode
5. 3D atau accelerator graphics
6. Serial Ports (UART chip) dan serial mice
7. Modem
8. Network card yang lain
9. Printer
10. Dan banyak yang lain


VI. PENGEMBANGAN LINGKUNGAN
Visopsys dikembangkan dengan menggunakan CentOS 5, dibangun dengan disertakan GNU C compiler dan assembler NASM, tersedia di sourceforge.net (atau yang lain gunakan perintah "yum install NASM" di CentOS).
Orang-orang yang turut berkontribusi dalam pengembangan Visopsys
 Jonas Zaddach telah membuat sejumlah sumbangan, termasuk dukungan 'Lance' driver jaringan, dukungan untuk pondasi PCI, dan Jerman layout keyboard dan 'Alt-Gr' key.
 Davide Airaghi menyediakan beberapa pemetaan keyboard Italia.
 Graeme McLaughlin membantu menguji banyak versi Visopsys.
 Bauer Vladislav kontribusi program kalender.
 Leency berkontribusi pda Icon
 Grzesiek (Greg) menyumbang penangan untuk memperbaiki multitasker.
 Hugh Anderson untuk masalah debugging pada instalasi di Fedora FC5.
 Thomas Kreitner untuk semua pengujian dan kepentingan, dan untuk menemukan bug.
 Katrin Becker dalam pemenejemenan file system.
 Jerry Coffin dan Ratko Tomic untuk informasi tentang modus teks dan alternatif konfigurasi video.
BEBERAPA SCREENSHOTS VISOPSYS
Berikut adalah screenshot dari lingkungan GUI yang saat ini dalam pengembangan.

Ucapan saat Booting Pertama
Jendela login
Inisialisasi Tampilan setelah Login

Explorer
Administration tools
Disk Manager

Tidak ada komentar:

Posting Komentar