Kamis, 11 Maret 2010

SISTEM OPERASI

Sistem Operasi adalah suatu program yang mengatur perangkat keras komputer, selain itu Sistem Operasi juga menyediakan suatu basis aplikais yang bertindak sebagai suatu perantara antara seorang pengguna (user) suatu komputer dengan perangkat keras komputer. Sistem Operasi dirancang untuk menyediakan suatu lingkungan dimana seorang user dapat dengan mudah menggunakan komputer untuk melaksanakan program. Dengan kata lain Sistem operasi menjadi jembatan yang membantu para user untuk menggunkan komputer.

Sebenarnya ada banyak definisi mengenai Sistem Operasi, Sistem Operasi merupakan suatu bagian penting dalam sistem komputer. Sistem komputer itu sendiri dapat di bagi menjadi empat komponen, yaitu perangkat keras (hardware), sistem operasi, program aplikasi, dan pemakai (user). Selain itu Sistem operasi juga dapat di artikan sebagai sumber daya allocator. Suatu sistem komputer mempunyai banyak resources-hardware dan software yang sangat dibutuhkan untuk memecahkan suatu permasalahan. Suatu sistem operasi bertindak sebagai manajer yang harus memutuskan bagaiman cara mengalokasikan program sehingga program tersebut dapat beroperasi secara tepat dan efisien. Suatu program kendali mengatur pelaksanaan program untuk mencegah berbagai kesalahan yang mungkin terjadi.

Sistem komputer mainframe adalah pelacakan pertumbuhan sistem mainframe dari sistem batch sederhana, di mana komputer one run dan hanya one-application, ke sistem time-shared, yang mempertimbangkan pemakai interaksi dengan sistem komputer.


Sistem Batch adalah starting mesin komputer secara fisik yang menjalankan suatu hiburan. Alat masukan yang umum adalah card reader dan tape drive. Keluaran yang umum adalah pencetak garis & tape drive. Pemakai tidak secara langsung berinteraksi dengan sistem komputer. Melainkan, pemakai menyiapkan suatu pekerjaan yang terdiri dari program, data, dan beberapa informasi kendali tentang penyampaiannya kepada komputer operator. Pekerjaan pada umumnya dalam wujud kartu pons. Beberapa waktu kemudian keluaran nampak. Keluaran terdiri dari hasil program, seperti halnya suatu tempat sampah memori yang akhir dan daftar indeksnya untuk debugging.

Gambar 1.2 Tataruang Memori untuk suatu sistem batch sederhana.


. Keluaran dari masing-masing pekerjaan akan dikembalikan kepada programmer yang sesuai. Di lingkungan pelaksanaan ini, CPU sering kosong, sebab kecepatan sarana I/O yang mekanis pada hakekatnya lebih lambat dibanding dengan alat elektronik lainnya. Bahkan suatu CPU microsecond bekerja lambat mencakup beribu-ribu Instruksi eksekusi per detik. Suatu card reader pada sisi lain, mungkin membaca 1200 kartu /menit atau 20 kartu /detik.

Perbedaan kecepatan antara CPU dan Sarana I/O nya adalah tiga order penting atau lebih. Peningkatan teknologi dan pengenalan tentang disk mengakibatkan Sarana I/O lebih cepat. Pengenalan tentang teknologi disk mengijinkan sistem operasi untuk menyimpan semua pekerjaan pada suatu disk, dibanding serial suatu card reader.

Sistem Multiprogram adalah kemampuan ke multiprogram dengan pemakai tunggal yang secara umum tersimpan dengan baik ke dalam CPU.


Gambar 1.3 Tataruang Memori untuk suatu multiprogramming sistem.


sistem non-multiprogrammed, CPU akan duduk kosong. Di dalam suatu multiprogramming sistem, CPU diswitch untuk melakukan pekerjaan lain. Setelah menunggu pekerjaan yang pertama dan kembali pada CPU awal.


Multiprogramming adalah starting point di mana sistem operasi harus membuat keputusan untuk para pemakai. Semua pekerjaan yang masuk pada sistem bertahan untuk menyatukan pekerjaan. Ketika sistem operasi memilih suatu pekerjaan dengan menyatukan pekerjaan itu ke dalam memori untuk pelaksanaan. Setelah beberapa program didalam memori pada waktu yang sama memerlukan format beberapa manajemen memori, yang tercakup dalam Bab 9 dan 10. Sebagai tambahan, jika beberapa pekerjaan telah siap untuk diRunning pada waktu yang sama, sistem

harus memilih salah satunya.

Pembuatan keputusan ini adalah CPU yang terjadwal, yang akan dibahas dalam Bab 6.

Akhirnya, berbagai program yang di Running secara bersamaan akan menampakkan kemampuan mereka untuk mempengaruhi satu sama lain, terbatas dalam semua tahap operasi sistem.


Time-Sharing Sistem.

sistem batched Multiprogrammed menyajikan suatu lingkungan di mana berbagai

sumber daya sistem contohnya: CPU, memori, alat sekeliling yang digunakan secara efektif, tetapi tidak menyediakan interaksi pemakai dengan sistem komputer.

Waktu berbagi atau multitasking adalah suatu perluasan logis multiprogramming.

CPU melaksanakan berbagai pekerjaan dengan menswitch antar sistem komputer, tetapi para pemakai dapat saling berhubungan dengan program masing-masing selagi meRunning program.

Suatu interaksi sistem komputer menyediakan komunikasi langsung antara pemakai dengan sistem operasi. Pemakai memberi instruksi kepada sistem operasi atau pada suatu program secara langsung menggunakan suatu papan tombol, dan menantikan hasilnya.

Maka, tanggapan waktu itu harus shorttypically didalam 1 detik/second atau lebih.

Suatu sistem operasi time-shared mengijinkan para pemakainya untuk berbagi komputer secara serempak. Tindakan masing-masing suatu sistem time-shared cenderung untuk jangka pendek, hanya saat CPU diperlukan untuk masing-masing pemakai.

Suatu sistem operasi time-shared menggunakan penjadwalan CPU dan multiprogramming untuk menyediakan pemakai masing-masing dengan suatu bagian kecil suatu komputer time-shared.

Masing-Masing pemakai mempunyai sedikitnya 1 orang untuk memisahkan program di dalam memori. Suatu program dimuat ke dalam memori dan pelaksanaan biasanya dikenal sebagai suatu proses. Ketika suatu proses dilaksanakan, maka akan terlaksana dalam waktu pendek.

Dalam pelaksanakannya I/O yang interaktif adalah pemakai dan papan tombol pemakai atau lain alat. Inputannya dibatasi oleh kecepatan pemakai mengetik

Bukannya membiarkan CPU dalm keadaan kosong ketika inputan yang interaktif ini berlangsung, sistem operasi akan bekerja dengan cepat pada tombol CPU pada beberapa program lain.

Time-Sharing sistem operasi bahkan lebih rumit dibanding multiprogrammed sistem operasi. Pada keduanya, beberapa pekerjaan harus dijaga secara bersamaan dalam memori, sehingga sistem harus mempunyai manajemen memori dan perlindungan.

Keuntungan utama rencana virtual-memory adalah program dapat lebih besar dari memori fisik. Kemudian pemisahan memori utama tersimpan. Pemisahan logis

memori ketika dipandang oleh pemakai dari memori fisik. Pengaturan ini membebaskan para programmer dari perhatian di atas memory-storage pembatasan.


Sistem Desktop.

sistem operasi PC bukan multiuser maupun multitasking.

Bagaimanapun, sistem operasi ini sudah mengubah waktu, sebagai ganti memaksimalkan kemampuan reaksi CPU.


Multiprocessor Sistem.

multiprocessor sistem dikenal sebagai sistem paralel.

Multiprocessor Sistem mempunyai tiga keuntungan utama.

  1. Throughput yang ditingkatkan.

  2. Ekonomi skala.

  3. Reliablilas yang ditingkatkan.



Arsitektur komputer mencakup startup, I/O, dan storage device. Sistem opersai juga harus mempunyai alat yang bisa menjalankan suatu komputer yang disebut sistem operasi. Suatu sistem komputer terdiri dari suatu CPU dan alat pengontrol yang dihubungkan melalui suatu bus. Masing-masing pengontrol dapat membagi memory yang dapat digunakan bersama. Sehingga CPU dan alat pengontrol dapat melaksanakan tugasnya secara bersamaan tanpa bertumpuk dengan program yang lain.


Struktur Input dan output device

Pada umumnya suatu sistem kom[uter terdiri dari CPU dan berbagai alat pengontrol yang dihubungkan oleh suatu bus. Masing-masing alat pengontrol bertanggung jawab atas jenis alat pengontrol yang lebih spesifik, sebagai contoh sistem komputer yang mempunyai 7 atau lebih alat pengontrol yang dihubungkan dengan itu. alat pengontrol bertanggung jawab untuk mengendalikan alat-alat disekelilingnya. Ukuran penyangga dalam suatu alat pengontrol bervariasi dari satu alat pengontrol ke lainnya, tergantung alat yang digunakan. Sebagai contoh ukuran penyangga disk pada umumnya 512 bytes.


Permasalahan inptu dan output device

Untuk memulai suatu operasi input output device, CPU mendaftar ke alat pengontrol. Selanjutnya alat pengontrol akan menguji muatan dan selanjutnya akan menentukan tindakan apa yang akan diambil, sebagai contoh alat p[engontrol akaan memulai perpindahan data ke lokasi yang dituju. Setelah itu, alat pengontrol akan menginformasikan kepada CPU bahwa operasi yang dikerjakan telah selesai.

Suatu inptu output device ketika interrupt terjadi, sistem operasi menentukan sarana I/O yang menyebabkan interrupt itu terjadi. Sarana I/O menentukan sarana alat itu dan memodifikkasi masukan untuk memberi tahu interrupt tersebut. Jika ada permintaan tambahan yang emnunggu di dalam antrian itu, maka sistem operasi akan memulai proses permintaan berikutnya. Jika proses sedang menunggu,


Disk Magnetis

Disk magnetis menyediakan curah [dari;ttg] [gudang/penyimpanan] sekunder untuk komputer modern sistem. [Yang] secara konseptual, disk secara relatif sederhana ( Gambar 2.5). Masing-Masing piring besar/piringan hitam disk mempunyai suatu bentuk lingkar flat/kempes, [seperti;suka] suatu CD. Garis tengah Piring besar/piringan hitam umum terbentang dari 1.8 untuk 5.25 inci. Dua permukaan suatu piring besar/piringan hitam mempunyai sejumlah suatu material magnetis.

Kita menyimpan informasi dengan perekaman ia/nya secara magnetis pada [atas] piring besar/piringan hitam.Suatu read-write kepala " lalat" sedikit di atas permukaan masing-masing dari tiap piring besar/piringan hitam. Kepala-2 terikat kasih sayang dengan suatu lengan tangan disk, yang pindah;gerakkan semua kepala-2 sebagai unit. Permukaan

tentang suatu piring besar/piringan hitam secara logika dibagi menjadi taksiran lingkar, yang dibagi lagi ke dalam sektor. Satuan taksiran yang sependapat lengan tangan memposisikan format [adalah] suatu silinder.

Mungkin ada beribu-ribu silinder sepusat di (dalam) suatu disk drive, dan masing-masing jejak/jalur boleh berisi beratus-ratus sektor. Kapasitas [Gudang/Penyimpanan] [dari;ttg] disk drive umum

di/terukur gigabytes






Ketika disk digunakan, suatu motor pengarah memutar ia/nya pada kecepatan tinggi. Kebanyakan pengarah

berputar 60 [bagi/kepada] 200 kali per detik. Disk Kecepatan mempunyai dua [part;bagian]. Perpindahan.Tingkat tarip adalah tingkat di mana data mengalir antar[a] pengarah dan komputer [itu]. Posisikan waktu, kadang-kadang [memanggil/hubungi] [itu] random-access waktu, terdiri dari

waktu untuk pindah;gerakkan lengan tangan disk [itu] kepada silinder yang diinginkan, [memanggil/hubungi] [itu] mencari waktu, dan waktunya untuk sektor yang diinginkan untuk berputar kepada kepala disk [memanggil/hubungi] yang hal pemutaran [itu]latency. Disk khas dapat memindahkan beberapa megabytes data per detik, danmereka mempunyai mencari [kali;zaman] dan [yang] hal pemutaran latencies beberapa seperseribu detik.


Hirarki media penyimpanan

Media penyimpanan dalam suatu sistem komputer terorganisir dalam suatu hirarki menurut kecepatannya. Media penyimpanan yang tingkat kecepatannya lebih tinggi memiliki haraga yang lebih mahal. Tingkat kecepatan perpindahan datany sangat tinggi, sedangkan waktu aksesnya meningkat.



Caching

Caching adalah prinsip sistem komputer yang penting. Pada umumnya, suatau informasi dijaga dalam bebebrapa sistem penyimpanan seperti memori utama. Ketika kita memerlukan potongan informasi tertentu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek apapakah informasi tersebut ada dalam media penyimpanan.

Jika kita menggunakan informasi sacara langsung dari media penyimpanan kita menggunakan informasi dari media penyimpanan yang utama. Karena tempat menyimpan sudah membatasi ukuran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar